EFEKTIVITAS IKLAN LAYANAN QRIS MELALUI INSTAGRAM PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KLABAT AIRMADIDI
Abstract
ABSTRAK
P
eriklanan merupakan sarana untuk mengkomunikasikan suatu produk atau jasa yang disusun sedemikian rupa sehingga menggugah kesadaran dan mengubah pikiran khalayak untuk menggunakannya. Dalam penelitian ini produk atau jasa yang diiklankan yaitu layanan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang merupakan standarisasi pembayaran yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dengan menggunakan metode QR Code agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur efektivitas iklan layanan QRIS yang di promosikan melalui Instagram pada mahasiswa fakultas ilmu komputer Universitas Klabat Airmadidi. Efektivitas dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan teori A-T-R, dimana responden diukur melalui tiga tingkatan yaitu Awareness, Trial, dan Reinforcement. Teori ini mengajarkan bahwa khalayak itu dapat dipengaruhi oleh iklan, hasilnya kita memperoleh sekelompok orang yang relatif tetap memakai atau membeli produk-produk hasil iklan itu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan mengumpulkan data menggunakan kuesioner yang diolah dalam bentuk frekuensi dan presentase yang kemudian diuraikan dalam bentuk pernyataan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 85 orang. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan layanan QRIS yang dipromosikan melalui Instagram berada pada kategori efektif karena responden sudah sadar dengan hadirnya layanan QRIS, kemudian mereka sudah mencoba layanan QRIS, dan akhirnya di dapati responden percaya dalam menggunakan layanan QRIS dan hasilnya responden menggunakannya secara terus-menerus.
Kata Kunci: Efektivitas, Iklan, Layanan QRIS, Instagram
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.