STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KARYAWAN PEDRO MANADO TOWN SQUARE 3 SAAT PANDEMI COVID-19

Grace Debora Runtulalo, Julius L. K. Randang, Stefi H. Harilama

Abstract


P

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran karyawan Pedro dalam meningkatkan minat beli saat pandemi covid-19 di Manado Town Square 3 (tiga). Melalui penelitian ini, yang menggunakan metode penelitian kwalitatif mengangkat permasalahan kiat-kiat karyawan Pedro dalam konteks komunikasi pemasaran sebagai suatu strategi dalam meningkatkan minat beli masyarakat manado disaat pandemi  Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan selama lebih kurang 1 (satu) bulan mulai dari pengumpulan data, analisa data, pembahasan hasil penelitan sampai pada penarikan kesimpulan. Hal baru dalam penelitian ini adalah mengenai Komunikasi Pemasarn sebagai suatu strategi dalam meningkatkan minat beli. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa produk yang ditawarkan memiliki keunikan desain yang simple tersendiri yang berkualitas dan mengikuti tren sesuai musim dapat menarik konsumen. Kenyamanan dari konsumen sangat diperhatikan oleh toko Pedro saat pandemi covid-19 dengan pelayanan karyawan mengikuti protokol kesahatan dan menjaga lingkungan toko tetap bersih. Kegiatan promosi di hari besar melalui media cetak x-banner depan toko, media online (aplikasi, website dan media sosial) langsung ke konsumen vip member dan juga chatshop kepada konsumen yang dilakukan karyawan. Chatshop merupakan suatu layanan dari karyawan dan suatu alternatif untuk konsumen berbelanja. Harga pada produk Pedro sangat terjangkau untuk konsumen dan ada harga potongan pada produk tertentu yang membuat konsumen tertarik serta tambahan potongan harga bagi konsumen vip member. Transaksi pembayaran yang non tunai disediakan sangat mempermudah dan diperlukan saat pandemi untuk mengurangi kontak langsung antara karyawan dan konsumen.

 

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Minat Beli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.