PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI BAGIAN REFERENCE UPT PERPUSTAKAAN UNSRAT DI MASA PANDEMI
Abstract
ABSTRAK
Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang berada di perguruan tinggi yang bertujuan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyaraka keberadaan perpustakaan perguruan tinggi sangat penting dalam membantu menyediakan informasi sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar serta pemenuhan kebutuhan informasi bagi pemustaka. Kualitas layanan Perpustakaan mengacu pada kepada kebutuhan pemustaka. Oleh sebab itu, layanan yang baik adalah layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pemustaka. Penelitia ini berrtujuan untuk mengetahui respon dari mahasiswa tentang kualitas pelayanan di bagian referensi UPT Perpustakaan Unsrat yaitu unsur Tengible (Fisik), Realibility (Kehandalan), Responsive (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan) dan Empaty (Perhatian). Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang dipersepsikan oleh responden yaitu seperti kurangnya SDM atau puskawan yang melayani pada bagian referensi sehinggs diharapkan agarvperpustakaan dapat bisa merekrut pustakawan yang dapat menguasai bidangnya dan juga kelemahan lainnya adalah kekurangan koleksinya dan informasi yang up to date. Adapun penambahan opini dari pengunjung agar perpustakaan menambah lagi rak untuk koleksi buku yang ada karna dilihat masih banyaknya koleksi yang berada di kursi atau meja karna sebagian rak sudah di penuhi oleh koleksi-koleksi yang ada sehingga hal diharapkan dapat menjadi masukan bagia para pustakwan di UPT Perpustakan Unsrat bahwa perlu ditingkatkan kualitas pelayanan para pustakawan sehingga minat baca mereka meninggkat karena merasa “nyaman” berada pada bagian referensi ini.
Kata kunci : Kualitas Layanan, Perpustakaan Perguruan Tinggi.
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.