KOMUNIKASI ANTARPENGGEMAR BOYBAND BTS PADA AKUN @BTS_TWT (SUATU STUDI NETNOGRAFI)
Abstract
ABSTRAK
BTS atau bangtan sonyeondan adalah boyband asal Korea Selatan bentukan big hit entertainment yang memiliki tujuh anggota, yakni Kim Namjoon,Kim Seokjin,Min yoo-gi,Jung Hoseok,Park Jimin,KimTaehyung dan Jeon Jungkook. Saat ini BTS mendapatkan predikat sebagai boyband K-pop terbesar. BTS mempunyai fans yang diberi nama ARMY. BTS mempunyai media sosial Twitter dan mereka ada akun resmi yang sudah di verifikasi yaitu @BTS_twt yang digunakan oleh ketujuh anggota BTS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi percakapan antarpenggemar BTS mengenai unggahan lagu Butter pada akun @BTS_twt dalam kolom komentar dengan menggunakan Teori CMC computer mediated communication. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan netnografi. Dalam isi percakapan antarpenggemar banyak yang mengutarakan apa yang mereka rasakan terhadap BTS setelah mereka mendengar lagu Butter, sebenarnya lagu Butter sendiri tidak ada pesan khusus yang mau disampaikan kepada penggemar seperti lagu yang lainnya, tetapi lagu ini semacam pengakuan lucu dari BTS yang artinya mereka ingin melelehkan hati penggemar mereka dengan lembut seperti butter(mentega), dan dalam lagu Butter ini ada lirik lagu yang mereka menyebutkan ARMY yang artinya nama penggemar mereka, itu yang membuat penggemar sedikit terharu dan merasa mereka itu berharga buat BTS ini sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah percakapan antarpenggemar BTS pada unggahan lagu Butter di akun @BTS_twt di kolom komentar, berbagai macam percakapan di kolom komentar.
Kata kunci : Komunikasi, Penggemar, Twitter, Netnografi
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.