PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN SMA KATOLIK DON BOSCO LEMBEAN
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Persepsi Siswa Tentang Kualitas Pelayanan di Perpustakaan SMA Katolik Don Bosco Lembean. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa-siswi terhadap persepsi tentang kualitas pelayanan di perpustakaan, belum bisa dikatakan baik dilihat dari segi ketersediaan koleksi dan fasilitas yang masih kurang serta belum tersedianya SDM (Sumber Daya Manusia) yang berupa pustakawan. Pada Penelitian ini peneliti menggunakan 36 responden. Dan penetapkan 5 fokus penelitian didalamnya. Hasil penelitian yang dikumpulkan melalui kuisioner tentang persepsi siswa tentang kualitas pelayanan di perpustakaan SMA Katolik Don Bosco Lembean yaitu dilihat dari persepsi siswa, dan kualitas pelayanan, masih kurang sehingga harus ditingkatkan lagi, dari segi fasilitas yang ada juga masih belum bisa dikatakan baik dan harus ditingkatkan lagi untuk menunjang kenyamanan dan kebutuhan pengguna perpustakaan. Pelayanan yang diberikan oleh petugas perpustakaan berpengaruh pada hasil pelayanan petugas perpustakaan, dengan adanya persepsi dari siswa bisa menghasilkan kinerja yang baik terhadap pelayanan diperpustakaan. Kemampuan pelayanan yang dilakukan oleh petugas baik karena adanya pelayanan yang diberikan dengan baik petugas perpustakaan sehingga siswa yang mencari informasi merasa terbantu untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Perpustakaan mempunyai beberapa fungsi, yaitu diantaranya fungsi edukatif, fungsi informatif, fungsi rekreasi, fungsi riset dan penelitian.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Perpustakaan, Persepsi Siswa
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.