PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA DI KELURAHAN MALALAYANG I KECAMATAN MALALAYANG
Abstract
Di dalam keluarga anak-anak mulai menerima pendidikan yang pertama dan paling utama. Pendidikan yang diterima oleh anak mulai dari pendidikan agama, cara bergaul, dan interaksi dengan lingkungan. Keluarga merupakan lingkungan sosial yang pertama bagi anak. Dalam lingkungan keluargalah anak mulai mengadakan persepsi, baik mengenai hal-hal yang ada di luar dirinya, maupun mengenai dirinya sendiri. Keluarga merupakan unit sosial terkecil yang memberikan fondasi primer bagi perkembangan anak. Sedangkan lingkungan sekitar dan sekolah ikut memberikan nuansa pada perkembangan anak.Pada dasarnya anak-anak remaja ini masih mendapatkan perhatian di rumah walaupun didominasi oleh seorang ibu seperti menyiapkan makanan; menanyakan keberadaan sekolah, tetapi mereka juga menganggap seorang ayah memberikan perhatiannya kepada keluarga dengan bekerja walaupun waktu untuk bersama agak berkurang, namun anak-anak ini menilai ayah mereka seorang yang bertanggungjawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga.Hasil penelitian menyatakan bahwa anak remaja di kelurahan Malalayang bertumbuh dalam keluarga yang harmonis, walaupun menurut mereka pertengkaran memang ada di antara anggota keluarga, namun bisa diatasi dan tidak menjadi halangan bagi pertumbuhan mereka sebagai remaja karena segala persoalan dalam rumah bisa mereka komunikasikan.Lingkungan bermain dari para remaja ini masih bisa terkendali, walaupun ada juga penyimpangan yang dilakukan oleh para remaja seperti kebut-kebutan dijalan dengan motor dan menghabiskan waktu di luar rumah seperti bermain dengan teman dan pergi ke Mall atau Warnet, yang bisa mengganggu waktu belajar mereka, namun ada remaja memanfaatkan fasilitas wi-fi di mall untuk membuat tugas sekolah mereka.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.