PERAN CUSTOMER SERVICE DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DI PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK UNIT POLITEKNIK

Yuniarta H. Hutabalian, Johnny Samuel Kalangi

Abstract


This research is based on in competition existing bank prioritized is customer satisfaction. Therefore improving the quality of service. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk is one of the banks reliable. BRI make information services and marketing communication namely customer service. Customer Service role in communicating the bank marketing and as a source of customer information.
This research using human relations theory and quantitative descriptive methods, and questionnaires given to 65 respondent which each respondent answered every question.
The results of this study are customer service role in improving the quality of service in the bank BRI. Suggestion: to maintain quality of service, customer service should use the 5 dimensional and 8 supplement services.
Key words: Customer Service, Quality Service

Abstrak
Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa dalam persaingan bank yang diprioritaskan adalah kepuasan nasabah. Oleh karena itu meningkatkan mutu pelayanan. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merupakan salah satu cara bank agar tetap dapat bersaing dipangsa pasar perbankan. Bank BRI membuat unit pelayanan informasi dan sarana komunikasi pemasaran yaitu Customer Service. Customer Service berperan dalam mengkomunikasikan pemasaran bank dan sumber informasi nasabah.
Penelitian ini menggunakan teori Hubungan Manusia dan Metode Deskriptif Kuantitatif, dan kuisioner yang diberikan kepada 65 responden yang mana setiap responden menjawab setiap pertanyaan.
Hasil penelitian ini adalah Customer Service berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan bank BRI. Saran yang diberikan untuk menjaga mutu pelayanan sebaiknya customer service menggunakan 5 dimensi pelayanan dan 8 suplemen pelayanan.
Kata kunci: Customer Service, Mutu Pelayanan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.