SIKAP PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI BERBASIS SLIMS DI PERPUSTAKAAN UNIKA DE LA SALLE MANADO

Maurits W. Lalopua, Servi S. Sumendap, Melky Turang

Abstract


The purpose of this study was to determine the attitude towards service users based Slims circulation in the library Unika De La Salle Manado. Which is measured by looking at the attitudes of users of the five components of the service, namely circulation, circulation service itself, librarians, collections, regulations, and facilities. The method used is descriptive research method with a total sample of 64 people from the overall population of existing users of the library Unika De La Salle Manado.

The results showed that users were generally satisfied with the process of circulation in library services based computerized Slims. So clearly seen the positive impact of the integration of information technology in circulation in the library service. Good judgment for services also directly proportional to the assessment of the librarians who work in the circulation. Users showed a good attitude for librarians, in this case about how the appearance and the services provided by librarians themselves.

User attitudes towards existing collection addressed feeling less satisfied because of incomplete and not up to date, so that sometimes users can not find the collection is sought. To rule on the service life of the user circulation rate was well defined and appropriate.

One contributing factor that can not be ignored that facility. In this case, as the library has been based Slims, Library Unika De La Salle Manado is required to provide supporting facilities such as computers and internet services. Despite having been supplied, it turns out according to user numbers are still lacking and can not operate properly, so it takes an increase to give a good impression to the user.

Thus, it is recommended to librarians in the library Unika De La Salle Manado, there should be an increase in the quality of service in terms of the librarian, then the collection as well as supporting the existing facilities, is intended to provide maximum service to users who visit the library Unika De La Salle Manado.

 

Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui sikap pemustaka terhadap layanan sirkulasi yang berbasis SLiMSdi perpustakaan Unika De La Salle Manado.Yang diukur dengan melihat sikap pemustaka terhadap 5 komponen dari pelayanan sirkulasi yaitu, layanan sirkulasi itu sendiri, pustakawan, koleksi, peraturan, dan fasilitas.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang dari keseluruhan populasi pemustaka yang ada perpustakaan Unika De La Salle Manado.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pemustaka secara umum merasa puas dengan proses pelayanan sirkulasi perpustakaan yang terkomputerisasi berbasis SLiMS. Sehingga terlihat dengan jelas adanya dampak positif dari pengintegrasian teknologi informasi dalam pelayanan sirkulasi di perpustakaan.Penilaian yang baik bagi layanan juga berbanding lurus dengan penilaian terhadap pustakawan yang bekerja pada bagian sirkulasi.Pemustaka menunjukan sikap yang baik bagi pustakawan, dalam hal ini tentang bagaimana penampilan dan pelayanan yang diberikan oleh pustakawan itu sendiri.

Sikap pemustaka terhadap koleksi yang ada menujukan rasa kurang puas karena kurang lengkap dan tidak up to date, sehingga terkadang pemustaka tidak dapat menemukan koleksi yang dicari.Untuk peraturan pada layan sirkulasi pemustaka menilai telah ditetapkan dengan baik dan sesuai.

Salah satu faktor pendukung yang tidak bias diabaikan yaitu fasilitas. Dalam hal ini, sebagai perpustakaan yang telah berbasis SLiMS, Perpustakaan Unika De La Salle Manado dituntut menyediakan fasilitas penunjang berupa komputer dan layanan internet. Walau telah disediakan, ternyata menurut pemustaka jumlahnya masih kurang dan belum bias beroperasi dengan baik, sehingga dibutuhkan peningkatan guna memberikan kesan yang baik bagi pemustaka.

Dengan demikian, disarankan kepada pustakawan di perpustakaan Unika De La Salle Manado, harus ada peningkatan kualitas layanan dari segi pustakawannya, kemudian koleksi serta fasilitas penunjang yang ada. dimaksudkan guna memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan Unika De La Salle Manado.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.