STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PERAHU LAMPU OLEH NELAYAN DI KELURAHAN PAPUSUNGAN KECAMATAN LEMBEH SELATAN KOTA BITUNG PROVINSI SULAWESI UTARA

Novita Masengi, Swenekhe S. Durand, Victoria E.N. Manoppo

Abstract


Abstract

The purpose of this study, namely: 1) to find out, analyze and explain the strategy of developing a light boat business by fisherman in Papusungan Village, South Lembeh District, Bitung City. The method used is the census method.Primary data collection is done through observation and interviews dan filling out.Whereas secondary data obtained from the southern Lembeh sub-district office and the Papusungan sub-district office.Data collection techniques are through observation interviews and filling out questionnaires with 10 respondents who have a light boat bussines.in papusungan village. The analysis used in this study is the SWOT (strenghts,weaknesses, opportunities and threats) analysis to determine the strengths, weaknesses, opportunities and threats to the light boat business. Based on the SWOT analysis there is a vision, mission of the value of innovation and strategies contained in 16 which are spelled out in the SWOT Matrix and then determined the key success factors in the light boat bussines.

Keywords: development strategy, lamp boat business, SWOT, Papusungan

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini, yaitu : 1) Untuk mengetahui, menganalisis serta menjelaskan Strategi Pengembangan Usaha Perahu Lampu Oleh Nelayan Di Kelurahan Papusungan Kecamatan Lembeh Selatan Kota Bitung. Metode yang digunakan yaitu metode sensus. Pengumpulan data melalui data primer dilakukan melalui observasi dan wawancara serta pengisisian kuisioner. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari Kantor Kecamatan Lembeh Selatan dan Kantor Kelurahan Papusungan. Teknik pengumpulan data yaitu melalui Observasi,Wawancara dan pengisian Kuisioner dengan 10 responden yang memiliki usaha perahu lampu di Kelurahan Papusungan. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis SWOT (Strength, Weeakness, Opportunity, Threats) untuk mengetahui kekuatan, kelemahan,peluang serta ancaman pada usaha perahu lampu. Berdasarkan analisis SWOT terdapat Visi, Misi, Nilai Inovasi Serta Strategi-Strategi yang terdapat 16 yang dijabarkan dalam matriks SWOT dan selanjutnya ditentukan Faktor Kunci Keberhasilan Pada Usaha Perahu Lampu.

 Kata kunci : Strategi Pengembangan, Usaha Perahu Lampu, SWOT, Papusungan

Keywords


Strategi Pengembangan; Usaha Perahu Lampu; SWOT; Papusungan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35800/akulturasi.7.2.2019.28140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.