Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Astronomi Kelas 6 Sekolah Dasar

Andrew Mazzarah Pulingkareng, Brave A. Sugiarso, Xaverius Najoan

Abstract


Pembelajaran pada buku Tematik 9 : “Menjelajah Angkasa Luar” di Sekolah Dasar masih menggunakan metode pembelajaran kovensional yaitu pembelajaran yang terpusat pada guru dengan beberapa media pembantu seperti buku maupun alat peraga seperti contohnya menggunakan globe sebagai alat peraga pelajaran Astronomi oleh karena itu dengan menggunakan teknologi Augmented Reality kiranya dapat membantu guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar khususnya dalam mempelajari buku Tematik Tema 9 juga memberikan proses pembelajaran kepada pengguna aplikasi dari sebelumnya tidak tahu menjadi tahu. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Pembuatan aplikasi ini mendapatkan hasil berupa : Marker yaitu berupa gambar pemicu object AR, Gambar model 3 Dimensi Augmented Reality, Soal Kuis yang terdapat di dalam aplikasi, dan Video animasi pada marker Video Tata Surya. Juga dilakukan beberapa pengujian yaitu pengujian pada Smartphone, Table Alpha, Pengujian Pembacaan Marker, juga dilakukan evaluasi pengguna untuk menguji aplikasi terhadap 20 user dengan hasil user mendapatkan jawaban benar pada menu Kuis dengan angka diatas 70% artinya user dapat lebih memahami materi setelah menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga dapat membuat pengguna lebih tertarik belajar dan akhirnya menjadi efektif dalam pembelajaran dan menambah pengetahuan tentang Astronomi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jtek.10.3.2021.32843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Elektro dan Komputer

Published by  Electrical Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado

Print-ISSN : 2301-8402 Electronic-ISSN: 2685-368X 

Creative Commons License
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer (JTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :