Penerapan Motion Capture Dalam Pembuatan Animasi 3D Gerakan Dasar Kempo

Bryan Johanes Roland Rantung, Sherwin R. U. A. Sompie, Rizal Sengkey

Abstract


Abstrak Motion Capture adalah metode perekaman Gerakan secara realistis untuk membuat sebuah Gerakan menjadi model digital. Motion Capture atau sering disebut Mocap adalah merupakan suatu bagian penting saat ini dari sebuah proses animasi baik dalam dunia film animasi 3D maupun industry game. Dengan menggunakan Motion Capture dalam pembuatan animasi 3D, pembuatan film animasi 3D dapat menghemat waktu serta biaya dikarenakan pembuatannya tidak lagi menggunakan teknologi keyframe yang membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Dengan memanfaatkan Microsoft Kinect yang merupakan salah satu alat Motion Capture tanpa penanda atau markerless, penelitian ini bertujuan untuk membuat video animasi 3D Gerakan dasar Shorinji Kempo dengan menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Video animasi ini akan dibuat menggunakan Kinect Xbox 360 dengan iPi Soft sebagai perangkat lunak Mocap markerless dan software blender untuk pembuatan animasi 3D. Pembuatan video animasi ini diharapkan dapat menjadi media edukasi serta dapat menarik minat masyarakat untuk mempelajari beladiri Shorinji Kempo.

 

Kata kunci Motion Capture, Animasi 3D,  Kempo, Multimedia.


Keywords


Motion Capture, Animasi 3D, Kempo, Multimedia.

Full Text:

PDF

References


Rio Victory Toar, Brave A. Sugiarso, and Virginia Tulenan, “Perancangan Short Film Animasi Berbasis 3D Pada Legenda Toar Lumimuut,” J. Tek. Elek., 2015.

I Dewa Bagas Suryajaya, “Teknik Motion Capture Dalam Proses Pembuatan Animasi 3D Menggunakan Microsoft Kinect,” J. STMIK. AMIKOM., 2015.

Sukoco, “Teknologi Motion Capture Untuk Pembuatan Film Animasi 3D,” J.SPEED, vol. 2, no. 3, 2017.

Ryan Pangemanan, Rizal Sengkey, Oktavian A. Lantang, “Perancangan Animasi 3 Dimensi Alur Pengurusan Administrasi Pasien Umum Dan Jaminan Dibagian Rehabilitas Medik RSUP Prof. DR. R.D Kandou Manado,” E-Jurnal Tek. Elek., vol. 9, no. 1, 2016.

Harry Nuriman, RR. Amnna Dzikrillah L L, Esa Fajar Hidayat, “Gerak Digital Silat Tuo Minangkabau Melalui Pemanfaatan Teknologi Motion Capture,” Jurnal of Society & Media, vol. 2,109-120, 2009.

Wira Wanangsyah, Tutut Wurijanto, Teguh Sutanto, “Aplikasi Virtual Punch Training Menggunakan Microsoft XBOX Kinect,” JSIKA, vol. 3, no. 1, , 2019.

Anonim. Ipi Mocap Studio http://wiki.ipisoft.com/IPi_Mocap, 2015. Diakses tanggal 26 juni 2020.

Anonim. IPi Recorder, http://wiki.ipisoft.com/IPi_Recorder. 2014. Diakses tanggal 6 juni 2020.

PERKEMI. (2020, Oktober).Sejarah Perkemi.[Online].

Available: https://www.perkemi.org/profil/tentang-perkemi




DOI: https://doi.org/10.35793/jtek.10.2.2021.33874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021

Published by  Electrical Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado

Print-ISSN : 2301-8402 Electronic-ISSN: 2685-368X 

Creative Commons License
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer (JTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :