Game Petualangan Labirin Pengenalan 10 Tokoh Pahlawan Nasional Sulawesi Utara

Jullia Gracia Agu, Brave A. Sugiarso, Sherwin R.U.A. Sompie

Abstract


Kesadaran akan pelestarian kebudayaan dan sikap nasionalis terhadap Indonesia sebagai bangsa yang utuh merupakan hal penting yang harus dijaga terlebih pada era globalisasi dan pertukaran informasi serta budaya yang begitu cepat dan luas. Khususnya di daerah Sulut sendiri sejauh ini memiliki 10 tokoh resmi pahlawan nasional yang jarang dibahas secara luas. Game dapat dimanfaatkan sebagai media edukasi yang interaktif, dan berdampak pada meningkatnya minat seseorang untuk mempelajari serta menyerap topik yang diangkat. Oleh karena faktor inilah media game menjadi salah satu wadah yang tepat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan dikembangkan menggunakan software game engine Unity. Dari hasil penelitian dan umpan balik uji coba yang dilakukan, disimpulkan bahwa pengembangan game labirin pengenalan 10 tokoh Pahlawan Nasional Sulawesi Utara dapat menjadi salah satu alternatif media yang meningkatkan pengetahuan terhadap tokoh-tokoh pahlawan dengan biografinya masing-masing serta budaya Sulawesi Utara.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jtek.11.2.2022.41681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jullia Gracia Agu, Brave Angkasa Sugiarso, Sherwin Aldo Sompie

Published by  Electrical Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado

Print-ISSN : 2301-8402 Electronic-ISSN: 2685-368X 

Creative Commons License
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer (JTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :