Perancangan Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality

Raymond Rumajar, Arie S.M. Lumenta, Brave A. Sugiarso

Abstract


Abstrak Augmented reality merupakan sebuah istilah untuk menggabungkan lingkungan dunia nyata dengan dunia virtual. Augmented reality menjadi sangat populer saat ini karena selain menarik, juga dapat di tampilkan secara realtime. Pada umumnya, augmented reality menambahkan objek digital pada realita dengan mengacu pada objek-objek tertentu pada dunia nyata, misalnya dengan menggunakan marker, marker teksture (surface), face detection/recognition, motion detection, dan GPS & Digital Compass. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini di buatlah aplikasi yang bertujuan untuk mempromosikan suatu brosur mobil dengan memanfaatkan konsep augmented reality yang menggunakan marker dan virtual button sebagai objek acuan pada dunia nyata dan animasi mobil sebagai objek dari dunia virtual yang ditambahkan pada lingkup dunia nyata agar lebih menarik. Marker yang dibuat berfungsi untuk memanggil model 3D mobil agar muncul di layar smartphone android dengan mengunakan library vuforia SDK. Sedangkan unity 3D berfungsi untuk membuat interaksi dengan model 3D mobil dan merancang aplikasi agar dapat dijalankan pada smartphone berbasis android, yaitu untuk mengontrol objek ke kiri,kanan,atas,bawah, memutar, maupun memperbesar dan untuk melihat data dari harga dan spesifikasi yang terdapat pada brosur.

Kata kunci - Android, Augmented Reality, Brosur, Marker.

Abstract - Augmented reality is a term used to explain the combination between the real world and the virtual world. Recently, augmented reality is a most popular application. Besides it is more interesting, augmented reality can be showed object as realtime. In general, augmented reality adding the digital object at real object according to certain objects in the real world. For example: marker, marker texture (surface), face detection/recognition, motion detection, and GPS & Digital Compass. Therefore, this report are made to fullfil academic requirements  by develop an application. The purpose of the application are to promotes a product of car through augmented reality concept by using marker and virtual button as reference object in the real world and car animation as an object in the virtual world. Marker are made to calling a 3D car model to show up on android smartphone screen by using library vuforia SDK. Whereas the function of unity 3D are to create interaction with 3D car model and support the application to running in android smartphone such as control to move and shift the object to left or right, top or down, turn around and zoom out or zoom in. The application are using to read brochure’s content such as price, product specification, etc.

Keywords: Android, Augmented Reality, Brochure, Marker.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jtek.4.6.2015.9991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Published by  Electrical Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado

Print-ISSN : 2301-8402 Electronic-ISSN: 2685-368X 

Creative Commons License
Jurnal Teknik Elektro dan Komputer (JTEK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY :