PENGARUH CITRA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN OBJEK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA TAMAN LAUT BUNAKEN SULAWESI UTARA

Stela Sangkaeng, Lisbeth Mananeke, Sem G Oroh

Abstract


Indonesia  memiliki lima wilayah  ekosistem  terumbu  karang  terindah  dan  terbaik  di  dunia  yang kesemuanya  menjadi  daya  tarik  bagi  wisatawan  mancanegara  maupun  lokal, salah satunya  adalah  taman Laut Bunaken. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Pariwisata, Promosi Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Pengukuran variabel menggunakan Skala likert. Populasi berjumlah 17.606 dan jumlah sampel berjumlah 100 responden, ditentukan dengan menggunakan rumus penarikan sampel dari slovin. Dari hasil uji secara simultan diperoleh Promosi Pariwisata, Kualitas Pelayanan Objek Wisata secara simultan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Wisatawan, dan secara parsial Promosi Pariwisata berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan, Kualitas Pelayanan Objek Wisata, secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan dan Citra Pariwisata secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Wisatawan. Mengingat Promosi Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata memiliki pengaruh positif yang signifikan serta memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Kepuasan Wisatawan di objek wisata Taman Laut Bunaken, maka pihak objek wisata Taman Laut Bunaken sebaiknya memperhatikan faktor Promosi Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata.

Kata kunci: citra pariwisata, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan wisatawa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.