PENGARUH CITRA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN OBJEK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA TAMAN LAUT BUNAKEN SULAWESI UTARA
Abstract
Indonesia memiliki lima wilayah ekosistem terumbu karang terindah dan terbaik di dunia yang kesemuanya menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara maupun lokal, salah satunya adalah taman Laut Bunaken. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Pariwisata, Promosi Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Pengukuran variabel menggunakan Skala likert. Populasi berjumlah 17.606 dan jumlah sampel berjumlah 100 responden, ditentukan dengan menggunakan rumus penarikan sampel dari slovin. Dari hasil uji secara simultan diperoleh Promosi Pariwisata, Kualitas Pelayanan Objek Wisata secara simultan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Wisatawan, dan secara parsial Promosi Pariwisata berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan, Kualitas Pelayanan Objek Wisata, secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Wisatawan dan Citra Pariwisata secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Wisatawan. Mengingat Promosi Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata memiliki pengaruh positif yang signifikan serta memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Kepuasan Wisatawan di objek wisata Taman Laut Bunaken, maka pihak objek wisata Taman Laut Bunaken sebaiknya memperhatikan faktor Promosi Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Objek Wisata.
Kata kunci: citra pariwisata, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan wisatawa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.