PENGARUH DIFERENSIASI, KUALITAS PRODUK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN COCA-COLA PADA PT. BANGUN WENANG BEVERGES COMPANY DI MANADO

Josiel Driand Pandensolang, Hendra Novi Tawas

Abstract


Persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat terjadi hampir di setiap lini usaha.Tidak terkecuali dalam dunia bisnis minuman ringan khususnya minuman ringan berkarbonasi Coca-cola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk, kualitas produk dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan.Desain penelitian menggunakan penelitian survey dengan metode analisis regresi linear berganda. Populasi berjumlah 267227 dan sampel berjumlah 100 responden, ditentukan dengan menggunakan rumus penarikan sampel dari slovin.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan diferensiasi produk, kualitas produk dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian, dan secara parsial diferensiasi produk memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian dan ekuitas merek memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.Sebaiknya perusahantetap memperhatikan faktor-faktor diferensiasi produk, kualitas produk dan ekuitas merek. Khususnya meningkatkan faktor diferensiasi produk, melihat diferensiasi produk berpengaruh positif serta memberikan kontribusi besar bagi keputusan pembelian coca-cola.

Kata kunci: diferensiasi, kualitas produk, ekuitas merek, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.