PENGARUH PROMOSIONAL MIX TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU HALO PADA PT. TELKOMSEL GRAPARI MANADO

Lucky Leonardo Sembeng, Jacky Sumarauw, Michael Raintung

Abstract


Persaingan yang semakin ketat dalam bisnis penyediaan jasa operator telepon seluler menuntut perusahaan menjual produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Telkomsel sebagai salah satu operator telepon seluler yang berbasis pada jaringan GSM berusaha memasarkan produknya agar semakin banyak konsumen yang memilih menggunakan produk Telkomsel. Strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan tentunya sangat berpengaruh dalam menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosional Mix terhadap Loyalitas pelanggan Kartu Halo Telkomsel Grapari Manado. Sampel penelitian diambil 100 responden. Metode penelitian yang digunakan asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan, promosi, publisitas dan penjualan pribadi secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Manajemen Telkomsel Grapari Manado sebaiknya menjalin kedekatan dengan pelanggan atau calon pelanggan dan menjalin hubungan jangka panjang yang baik, serta melakukan promosional mix terhadap pelanggan agar menggunakan  produk kartu Halo, dan bisa memberikan peluang untuk menjadi langganan tetap.

Kata kunci: iklan, promosi, publisitas, penjualan, loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.