STRATEGI PASAR SEBAGAI PEMEDIASI ANTARA LINGKUNGAN PEMASARAN DENGAN KINERJA PEMASARAN PADA PT. BPR PRISMA DANA AMURANG

Charlina Debora Talumewo, Joyce Lapian, Farlane Rumokoy

Abstract


Persaingan untuk memberikan yang terbaik kepada nasabah yang dilakukan oleh masing-masing bank telah menempatkan nasabah sebagai salah satu faktor untuk menunjukkan kinerja pemasaran bagi perusahaan. Semakin banyaknya bank yang beroperasi dengan berbagai fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan membuat masyarakat dapat menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhannya. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh lingkungan pemasaran, strategi pasar terhadap kinerja pemasaran. Penelitian dilakukan di PT. BPR Prisma Dana Amurang. Populasi penelitian adalah nasabah PT. BPR Prisma Dana Amurang, dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang tinggal di Kec. Sinonsayang. Data yang dipergunakan adalah data primer yaitu data yang berdasarkan kuisioner hasil jawaban responden. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan seluruh variabel lingkungan pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap strategi pasar maupun kinerja pemasaran yang dimediasi oleh strategi pasar. Pada BPR Prisma Dana, manajemen sebaiknya terus mempertahankan kinerja pemasaran dan lingkungan pemasaran agar komitmen utama PT. BPR Prisma Dana tetap selalu berjalan sebagaimana mestinya.

Kata kunci : strategi pasar, lingkungan pemasaran, kinerja pemasaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.12344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.