PENGARUH PERLAKUAN STRATEGI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENINGKATKAN LABA BERSIH PADA PT. BANK MAYAPADA INTERNASIONAL
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu kebijakanyang dilakukan oleh perusahaansesuai kemampuan, sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadaplingkungan (masyrakat) sekitar tempat perusahaan itu berada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perlakuan CSR terhadap peningkatan laba bersih pada perusahaan PT Bank Mayapada Internasional.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perlakuan CSR apakahberpengaruh terhadap peningkatan laba bersih pada perusahaan PT Bank Mayapada Internasional.Metodepenelitian komparatifdengan teknik analisis digunakan adalah model Uji Beda rata-rata dan Paired Sample T-Test, yaitu analisis dengan melibatkan dua pengukuran pada subjek yang sama terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu. Data yang digunakan adalah jumlah laba bersih per tahun yang diperoleh perusahaan selama periode 5 tahun (2006–2010) sebelum dan 5 tahun sesudah (2011–2015)program CSR di jalankan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata laba bersih per tahun selama periode 5 tahun sebelum dan sesudah program CSR dijalankan secara intensif oleh perusahaan berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan perlakuan program strategi CSR yang dijalankan oleh perusahaan memberikan pengaruh terhadap peningkatan laba bersih pada PT Bank Mayapada Internasional. Manajemen Bank Mayapada sebaiknya meningkatkan efektifitas pelaksanaan program CSR agar dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik.
Kata kunci: tanggung jawab sosial perusahaan, laba bersih
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.12415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.