PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA BPJS DI RSUD SAM RATULANGI TONDANO

Ribka P. Christian, Lisbeth Mananeke

Abstract


persaingan yang ketat dalam dunia usaha saat ini terjadi pada semua bidang, termasuk bidang jasa yang didalamnya BPJS RSUD Sam Ratulangi Tondano yang bergerak di bidang penyedia jaminan sosial. Strategi promosi dan kualitas layanan yang baik merupakan alat perusahaan yang sangat berharga dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna BPJS di RSUD Sam Ratulangi Tondano. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Populasi penelitian berjumlah 29.928 orang, dan sampel berjumlah 100 responden, ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan strategi promosi dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, secara parsial strategi promosi dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Strategi promosi pada BPJS di RSUD Sam Ratulangi Tondano sebaiknya ditingkatkan melalui program-program promosi yang menarik, seperti iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat, sehingga dapat menambah jumlah pengguna BPJS dan mempertahankan pelanggan yang ada.

 

Kata kunci : strategi promosi, kualitas layanan, kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.2.2016.12541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.