LEVERAGE PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA INDUSTRI MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI INDONESIA

Natalia Ogolmagai

Abstract


Penelitian ini bertujuan  (1) Untuk mengetahui struktur modal  yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap nilai perusahaan manufaktur yang go publik di Indonesia. (2) Untuk mengetahui struktur modal yang diukur dengan Debt to Aset Ratio(DAR) terhadap nilai perusahaan manufaktur yang go publik di Indonesia. (3)Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama struktur modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio dan Debt to AsetRatio terhadap nilai perusahaan manufaktur yang go publik di Indonesia. Struktur modal bertujuan memadukan sumber dana permanen yang selanjutnya digunakan perusahaan dengan cara yang diharapkan akan mampu memaksimumkan nilai perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi berganda yang diestimasi dengan metode OLS. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang go publik di Indonesia periode 2008-2011, yang berjumlah 178 perusahaan. Sampel yang digunakan berjumlah 22 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara bersama DER dan DAR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (2) Struktur  modal yang diukur dengan DER tidak berpengaruh  terhadap nilai perusahaan. (3) DAR tidak berpengaruh  terhadap nilai perusahaan.   Disarankan perusahaan menggunakan lebih besar sumber pembiayaan eksternal (hutang) dalam membiayai perusahaan. Karena ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, disarankan perusahaan untuk melakukan diversifikasi.

 

Kata kunci: leverage dan nilai perusahaan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.