ANALISIS PENGARUH REPUTASI MEREK, KUALITAS LAYANAN, DAN LOYALITAS NASABAH TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA NASABAH TAPLUS ANAK PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG UTAMA MANADO)

Grace Anastasia Makalew, Lisbeth L. Mananeke, Hendra N. Tawas

Abstract


Absrak: Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikasi merek, kualitas layanan, loyalitas nasabah terhadap keunggulan bersaing Taplus anak di PT. BNI (Persero) Tbk. Cabang Utama Manado. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda yang termasuk didalamnya Uji Asumsi Klasik, Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi Berganda serta Uji F dan Uji t, dengan bantuan software Program SPSS version 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang positif signifikan atas reputasi merek terhadap keunggulan bersaing pada Taplus Anak BNI KCU Manado tetapi tidak terdapat pengaruh yang positif signifikan atas kualitas layanan terhadap keunggulan bersaing pada nasabah Taplus Anak BNI KCU Manado. Selanjutnya, loyalitas nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada nasabah Taplus Anak BNI KCU Manado.

 

Kata kunci: Reputasi Merek, Kualitas Layanan, Loyalias Nasabah, Keunggulan Bersaing.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.14248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.