ANALISIS UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, NON PERFORMING LOAN (NPL), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERBANKAN PADA INDEKS LQ45

Yunaningsih Nino, Sri Murni, Johan R. Tumiwa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Non Performing Loan, Capital Adequacy Ratio, dan Return On Equity terhadap  Harga Saham Perusahan Perbankan Pada Indeks LQ45 dalam pengamatan  tahun 2011-2015. Populasi yang terdapat pada indeks LQ45 sebanyak 45 perusahaan. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 5 (lima) perusahaan Perbankan Pada Indeks LQ45 dalam pengamatan 2011 samai dengan 2015 dengan purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, analisis regresi untuk menguji pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Dengan uji t untuk melihat t pengaruh parsial, uji F untuk melihat pengaruh simultan dan koefisien determinasi untuk melihat kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat. Hasil penelitian ini adalah Ukuran Perusahaan dan Non Performing Loan secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap Harga Saham, sedangkan Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Non Performing Loan, Capital Adequacy Ratio, dan Return On Equity secara simultan memiliki pengaruh terhadap Harga Saham.

Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Equity (ROE), Harga Saham.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.14414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.