PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK, DAIHATSU MANADO

Ravel Poeloe, Jantje L. Sepang, Reitty L. Samadi

Abstract


Abstrak: Strategi pemasaran menjadi salah satu faktor penentu perkembangan dan pertumbuhan industri otomotif yang sangat pesat khususnya mobil. Hal ini ditandai dengan terus bertambahnya kuantitas kendaraan yang dimiliki masyarakat dan terlihat pada mobilitas kendaraan yang berada di jalan-jalan kota besar seperti Manado. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian mobil di Daihatsu Paal 2 Manado. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, lokasi penelitian pada Daihatsu Paal 2 Manado. Populasinya adalah keseluruhan konsumen yang melakukan pembelian mobil merek Daihatsu selama penelitian berlangsung dengan menarik sampel penelitian sebanyak 100 orang untuk memperoleh hasil yang akurat. Analisis data berupa uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, regresi linear sederhana. Hasil penelitian yaitu produk, harga, distribusi dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil di PT Astra Daihatsu Paal 2 Manado. Saran yaitu PT Astra Daihatsu Paal 2 Manado perlu menerapkan Bauran Pemasaran secara bersama yang pada akhirnya akan mempengaruhi mempengaruhi keputusan pembelian mobil. Perusahaan juga perlu memperhatikan fakor Distribusi yang merupakan variabel yang paling signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil dalam penelitian ini.

Kata kunci: bauran pemasaran, produk, harga, distribusi, promosi, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.4.2016.14577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.