PENGARUH FAKTOR LOKASI, KELENGKAPAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KORAN TRIBUN MANADO

Margaretha Salawati, Indrie Debbie Palandeng

Abstract


ABSTRAK: Manado merupakan salah satu kota yang masyarakatnya suka mengikuti perkembangan informasi yang terjadi saat ini melalui media massa yaitu koran. Konsumen mempertimbangkan beberapa hal terhadap suatu produk yang akan dibeli layaknya sebelum melakukan keputusan pembelian. Seperti dalam faktor lokasi yang dilihat dari keterjangkauan lokasi penjualan produk tersebut, kemudian kelengkapan produk layaknya informasi atau beritayang diberikan dan harga produk yang dapat dijangkau dengan pesaing yang sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor lokasi, kelengkapan produk dan harga terhadap keputusan pembelian koran Tribun Manado secara simultan dan parsial. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian berjumlah 2.250, sampel berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan faktor lokasi, kelengkapan produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara simultan maupun parsial dengan variabel harga yang dominan berpengaruh. Sebaiknya bagi pihak manajemen dapat lebih mempertahankan dan memperhatikan dalam segi harga koran karena harga dapat memberikan kontribusi yang tinggi dalam penelitian ini terhadap keputusan pembelian.

Kata kunci: lokasi, kelengkapan produk, harga, keputusan pembelian.




DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.4.2016.14578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.