ANALISIS PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS

Prily Antule, Grace B. Nangoi, I Gede Suwetja

Abstract


ABSTRAK: Corporate Social Responsibility merupakan peningkatan kualitas kehidupan mempunyai adanya kemampuan manusia sebagai individu anggota masyarakat untuk menanggapi keadaan sosial yang ada dan dapat dinikmati, memanfaatkan serta memelihara lingkungan hidup. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis sebelum dan setelah penerapan CSR terhadap profitabilitas pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari data primer. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dan observasi. Untuk mengukur rasio profitabilitas peneliti menggunakan ROA sebagai alat ukur kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih berdasarkan tingkat aset tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa ROA PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. setelah penerapan CSR mengalami peningkatan dibandingkan  sebelum penerapan CSR .

 

Kata Kunci:  Penerapan , Corporate Social Responsibility, Profitabilitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.4.4.2016.15256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.