KUALITAS PELAYANAN DAN BAURAN PEMASARAN PENGARUHNYA TERHADAP NIAT MEMBELI DI INDOMARET WANGURER BITUNG

Tika Secylia Pohos, Lucky O.H Dotulong, Irvan . Trang

Abstract


Abstrak: Penelitian ini didasari atas maraknya kehadiran pusat perbelanjaan khususnya di bagian ritel. Hal tersebut menuntut para pebisnis untuk lebih mengetahui kualitas pelayanan dan bauran pemasaran yang tepat digunakan untuk mempengaruhi niat beli konsumen guna mempertahankan kelancaran usahanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan bauran pemasaran terhadap niat beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2622. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus slovin. Metode penelitian adalah kuantitatif, dengan teknik analisis regresi berganda dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Kualitas pelayanan dan bauran pemasaran berpengaruh terhadap niat beli konsumen di Indomaret Wangurer Bitung. Indomaret Wangurer Bitung harus mempertahankan kualitas pelayanan yang baik, bahkan meningkatkannya, termasuk dalam bauran pemasaran. Hal ini dilakukan dengan lebih memperhatikan apa yang menjadi kualitas produk dari Indomaret, harga yang terjangkau, kepedulian karyawan terhadap para konsumen, memahami kebutuhan konsumen serta cepat dalam menangani keluahan konsumen. Indomaret perlu memperhatikan hal-hal tersebut agar menciptakan niat membeli dari para konsumen.

 

Kata kunci: kualitas pelayanan, bauran pemasaran, niat beli konsumen.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.