SEGMENTASI PASAR BERDASARKAN DEMOGRAFI TERHADAP PRODUK MOBIL NISSAN PADA PT. WAHANA WIRAWAN MANADO
Abstract
Persaingan untuk memasarkan produk perusahaan saat ini, sangat ketat, termasuk usaha penjualan mobil, seperti yang dilakukan PT. Wahana Wirawan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana analisis segmentasi pasar berdasarkan demografis efektif dalam proses pemilihan konsumen pada produk Mobil Nissan. Populasi penelitian berjumlah 808, responden 320 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Pihak perusahaan menggunakan penyalur khusus dengan kuantitas pembelian dalam skala besar. Pedagang besar sebagai perantara, meneruskan ke pengecer dan konsumen sasaran. Hal ini dilaksanakan khusus untuk wilayah Manado, Bolmong, Minahasa, Gorontalo, dan Bitung. Pemilihan produk mobil didasarkan pada distribusi dari PT. Wahana, meliputi Mobil Nissan Grand livina , Nissan March, Nissan X trail. Dalam penelitian ini, segementasi dibagi kedalam 3 kategori, yaitu: Umur 20 tahun; Nissan March, Usia 30 tahun; Nissan Grand livina, Usia 45 tahun; Nissan X Trail. Kesimpulan penelitian ini yaitu segmentasi pasar berdasarkan demografis; umur memiliki hubungan yang signifikan terhadap pemilihan mobil. Tingkat pendapatan memiliki hubungan yang signifikan terhadap pemilihan mobil. Tingkat pendidikan tidak memiliki hubungan dengan pemilihan mobil.
Kata kunci: segmentasi pasar, segmentasi demografis, nissan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1739
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.