PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH KOPI BILLY SAMRAT DI MANADO

Reynaldo Henry Watae, Frederik G. Worang, Djurwati . Soepeno

Abstract


Abstrak : Minum kopi di kedai kopi telah menjadi kebiasaan (lifestyle) masyarakat Indonesia. Tidak hanya sekedar minum kopi, tetapi biasanya kedai kopi juga menjadi tujuan beberapa kalangan untuk melakukan kegiatan tertentu, seperti bertemu klien, atau belajar kelompok bagi kalangan mahasiswa. Dengan banyaknya kedai kopi yang ada di Manado, maka masing-masing kedai kopi tersebut harus tetap mempertahankan usaha mereka agar pelanggan tidak beralih ke kedai kopi lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap keputusan pembelian pada Rumah Kopi Billy Samrat di Manado. Penelitian ini menggunakan analisis linear berganda, dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian yakni produk dan promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan sedangkan harga dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Rumah Kopi Billy Samrat di Manado. Saran bagi pengelola Rumah Kopi Billy Samrat di Manando diharapkan mampu memahami produk, harga, tempat dan promosi, karena keempat hal ini dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian, mampu memahami, mengembangkan, dan mempertahankan produk yang ada dan harus mampu menciptakan harga yang sesuai dengan kualitas dan daya saing yang mampu bersaing dengan tempat lain dan mampu memberikan nilai yang baik kepada konsumen sesuai dengan kualitas yang diberikan.

 

Kata kunci : produk, harga, tempat, promosi,keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.