PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE GORENG PADA PT. INDOMARCO ADI PRIMA MANADO
Abstract
Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian produk indomie goreng pada PT. Indomarco Adi Prima Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan produk indomie goreng PT. Indomarco Adi Prima Manado yang berjumlah 5.813 orang. Jumlah sampel 100 pelanggan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Metode yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. variabel promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, namun, harus tetap strategi pemasaran yang baik agar keputusa terus meningkat dan untuk itu harus terus mempertahankan program harga murah yang ditawarkan, yaitu menawarkan harga yang lebih murah dibanding pesaing agar konsumen mau mencoba (membeli) dan menggunakan produk dan promosi penjualan yaitu bentuk insentif seperti hadiah-hadiah, dan bentuk promosi penjualan lainnya sehingga akan lebih menentukan konsumen memutuskan pembelian.
Kata Kunci : promosi penjualan, harga, keputusan pembelian
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.