ANALISIS PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PT. ANGKASA PURA 1 (PERSERO) BANDAR UDARA INTERNATIONAL SAM RATULANGI MANADO

Lasapoe Oksela Reynaldo, Jessy J. Pondaag

Abstract


Abstrak: Cara terbaik untuk memperbaiki kemampuan komponen-komponen sumber daya manusia, proses, dan lingkungan tersebut secara berkesinambungan adalah dengan menerapkan Total Quality Management (TQM). TQM memberikan manfaat yaitu meningkatkan daya saing perusahaan. Konsep TQM merupakan konsep perbaikan terus-menerus yang diterapkan perusahaan di tiap level operasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Total Quality Management terhadap kinerja manajerial pada PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Bandar udara Sam Ratulangi Manado. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (TQM): fokus pada pelanggan dan perbaikan sistem secara berkesinambungan, tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Sedangkan pendidikan dan pelatihan, perlibatan, dan pemberdayaan karyawan berpengaruh terhadap kinerja manajerial.

 

Kata Kunci: total quality management, kinerja manajerial


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.