PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PRODUK INDIHOME PT.TELKOM AREA TOMOHON

Melanie V. A. Karinda, Lisbeth . Mananeke, Ferdy . Roring

Abstract


Abstrak: Penggunaan teknologi pada saat ini semakin berkembang pesat. Seiring dengan bertumbuhnya pengguna teknologi telekomunikasi dan informatika, munculah inovasi baru yaitu fixed broadband yang dipelopori oleh  PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan mengeluarkan produk barunya yang bernama Indihome. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran yang berorientasi pasar dan  inovasi produk terhadap kinerja pemasaran produk Indihome pada PT Telkom area Tomohon. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna/pelanggan Indihome yaitu rumah tangga-rumah tangga yang berdomisili di wilayah tomohon,dengan sampel yang berhasil  terkumpul dan di analisis adalah 68 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Ini berarti bahwa semakin baik strategi pemasaran perusahaan kepada karyawan maka semakin baik pula kinerja pemasaran perusahaan. Inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap terhadap kinerja pemasaran. Hal ini memiliki makna bahwa semakin baik inovasi produk dilakukan maka semakin baik pula kinerja pemasaran. Sebaiknya perusahaan tetap menerapkan inovasi terhadap produk-produknya, oleh karena teknologi informasi saat ini berkembang demikian cepatnya.

 

Kata kuncistrategi pemasaran, inovasi produk, kinerja pemasaran


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.