ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROMOSI, CITRA MEREK DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PENGGUNA TABUNGAN EMAS PADA PT.PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL V MANADO

Prisca . Montolalu, Michael Ch. Raintung

Abstract


Abstrak : Perkembangan ekonomi dunia sekarang yang sudah semakin meningkat perusahaan bersaing untuk saling memperlihatkan kualitas barang mereka dengan perusahan lainnya, dan banyaknya para konsumen mulai untuk berinvestasi di bidang apa saja yang menguntungkan.  Investasi emas merupakan sebuah bentuk investasi yang sederhana. Karena investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik mereka dari golongan berpendidikan ataupun tidak, dengan berinvestasi emas berupa emas koin dan emas batangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan dan parsial strategi promosi, citra merek dan persepsi terhadap pengguna tabungan emas pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil V Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini 88.10 dengan sampel 88 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan dan parsial strategi promosi, citra merek dan persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam penerapan strategi pemasaran sebaiknya PT. Pegadaian (persero) kanwil V lebih memperhatikan citra merek, mengingat citra merek perhiasan emas pada konsumen belum tertanam dengan baik. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan cara meningkatkan program pemasaran dan komunikasi pemasaran untuk mengedukasi konsumen akan manfaat dan pencitraan merek, melalui strategi iklan yang tepat.

 

Kata Kunci: strategi promosi, citra merek, persepsi, keputusan pembelian

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.