PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (STUDI KASUS PADA PT. HASJRAT ABADI MALALAYANG)

Yosia Ch. Porawouw, Silvya L. Mandey, Sjendry S.R Loindong

Abstract


Abstrak: Pemasaran merupakan faktor penting dalam perkembangan perusahaan. Pemasaran yang baik dilakukan lewat produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place), dan promosi (promotion). Kurangnya pengetahuan terhadap selera konsumen yang berubah-ubah atau dinamis, serta tidak efektifnya strategi pemasaran yang diterapkan akan berdampak kurang baik pada pencapaian target pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga, tempat dan promosi di PT.Hasjrat Abadi Malalayang.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif yaitu metode untuk mencari korelasi atau hubungan kausal (hubungan bersifat sebab akibat).Populasi sebanyak 1618 konsumen dengan sampel 100 responden.Teknik analisis yang digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan produk, harga,  dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian pada PT. Hasjrat Abadi Malalayang. Secara parsial produk, harga, tempat dan promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian. Variabel yang dominan adalah variabel produk, harga, dan promosi dan untuk variabel yang lemah dan tidak berpengaruh adalah variabel tempat.  PT. Hasjrat Abadi Malalayang sebaiknya tetap menjaga kualitas produk, maupun dapat meningkatkannya, serta dapat mengeluarkan produk motor Yamaha yang baru demi mempertahankan konsumen.

 

Kata Kunci: produk, harga, tempat, promosi dan keputusan pembelian.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.