PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK AREA MANADO

Randi Abdul Rizal Laiya, Arazzi Bin Hasan Jan, Jessy J. Pondaag

Abstract


Abstrak: Dunia perbankan merupakan salah satu sektor usaha yang mendukung berkembang dan berhasilnya perekonomian suatu Negara juga harus mampu memberikan kepuasaan untuk nasabahnya, untuk itu kualitas juga diperlukan oleh perbankan agar tidak mengecewakan nasabah. Di zaman sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa banyak faktor yang membuat kualitas suatu perusahaan semakin memburuk, tak terkecuali perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Total Quality Management yang meliputi fokus pada nasabah, pendidikan dan pelatihan, perbaikan secara berkesinambungan, serta pelibatan dan pemberdayaan karyawan terhadap kinerja manajerial. Penelitian ini di lakukan pada PT Bank Mandiri (persero Tbk Area Manado. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode sampling dengan sampel penelitian berjumlah 50 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian mendapatkan bahwa seluruh variabel Total Quality Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kinerja Manajerial. Sebaiknya pihak Bank Mandiri lebih meningkatkan segala aspek dalam perusahaan sehingga kinerja manajerial dalam perusahaan akan lebih efektif dan efisien dalam setiap menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam perusahaan.

 

Kata Kunci: manajemen mutu terpadu, kinerja manajerial

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.