PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ), KECERDASAN EMOSIONAL (EQ), DAN KECERDASAN SOSIAL (SQ) TERHADAP KINERJA KARYAWAN KANTOR WILAYAH BANK BRI MANADO

Lorenso A. G. Mamangkey, Bernhard . Tewal, Irvan . Trang

Abstract


Abstrak: Kinerja pada dasarnya merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seorang kayawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Kinerja karyawan ditemukan oleh banyak factor diantaranya kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan sosial (SQ). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan sosial (SQ) secara simultan terhadap kinerja karyawan Kantor Wilayah Bank BRI Manado. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis deskriptif kuanlitatif untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan sosial (SQ) secara simultan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan kantor wilayah bank BRI Manado. Pihak manajemen SDM sebaiknya meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial karyawan agar apa yang menjadi tujuan dari manajemen dapat tercapai dan terlaksana.

 

Kata Kunci: kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan sosial (SQ), kinerja karyawan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.