PENGARUH PROMOSI DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ORIFLAME MANADO

Putri Rizkia Paputungan, Agus S. Soegoto, Ferdy . Roring

Abstract


Abstrak : Oriflame adalah perusahaan kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia. Oriflame memiliki kantor penjualan di 61 negara dan merupakan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara. Jaringan penjualan yang terdiri dari 2,3 juta consultants mandiri yang memasarkan jaringan lengkap perawatan kulit, wewangian ,kosmetik dan produk kesehatan berkualitas tinggi. Di Indonesia sendiri, Oriflame didirikan sejak tahun 1986 dan telah berjaya di Indonesia selama 23 tahun. Oriflame memiliki 13 cabang dan ribuan konsultan yang tersebar luas di seluruh  Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari promosi dan word of mouth terhadap keputusan pembelian  oriflame di Manado. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Instrumen yang digunakan sebelumnya telah diuji validitas dan relibilitasnya  ditemukan bahwa seluruh item pernyatan didalam kuesioner valid dan reliabel untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara persial dan simultan sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi dan word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Oriflame Manado. Sebaiknya Oriflame melakukan inovasi yang baru untuk mempromosikan produk dari oriflame sehingga lebih banyak lagi  yang mengetahui tentang oriflame karena dengan melihat oriflame jarang melakukan promosi melalui iklan serta melakukan promosi tidak hanya melibatkan member dari oriflame saja tetapi juga melibatkan pihak di luar member.

Kata Kunci: promosi, worf of mouth, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.