PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP MINAT MEMBELI DI D’CENDOL 77 UKM UNSRAT

Santy J. Suak, Silcyljeova . Moniharapon, Lucky O.H Dotulong

Abstract


Abstrak: UKM (Usaha Kecil Menengah) memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan perekonomian Indonesia. Selain itu sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru, UKM juga berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi pasca krisis moneter tahun 1997 di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap dan norma subjektif terhadap minat membeli di d’cendol 77 UKM unsrat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 80 orang dan menggunakan teknik sampling aksidental, dimana siapa pun yang kebetulan bertemu dengan peneliti bisa digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistik menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program computer SPSS 23. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh sikap dan norma subjektif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat membeli. Secara parsial, sikap berpengaruh dan signifikan terhadap minat membeli. Norma subjektif berpengaruh signifikan terhadap minat membeli. Sebaiknya pimpinan d’cendol 77 UKM Unsrat meningkatkan sikap konsumen agar positif serta norma subjektif atau lingkungan sosial dari konsumen sehingga dapat meningkatkan minat beli konsumen yang ujungnya akan meningkatkan penjualan.

 

Kata Kunci : sikap, norma subjektif, minat membeli


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.