PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS DI BANK BRI KAMPUS FISIP UNSRAT MANADO).

Pingkan . Gosal, Jantje L. Sepang, Paulina Van Rate

Abstract


Abstrak: Bank perbankan dewasa ini dituntut untuk terus meningkatkan layanannya, karena kebutuhan, keinginan, tren serta gaya hidup dari nasabah, untuk dapat menghadapi kompetisi yang demikian ini hendaknya bank memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan serviscape terhadap kepuasan  nasabah di Bank BRI Unsrat. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan populasi sebanyak 99 orang dan menggunakan teknik sampling aksidental, dimana saja pun yang kebetulan bertemu dengan peneliti biasa digunakan sebagai sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistik menggunakan analisis linear berganda dengan program computer SPSS 23. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kualitas pelayanan dan pelayanan fisik secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sebaiknya Industri perbankan perlu memperhatikan hasil temuan penelitian ini, dimana dalam rangka meningkatkan kepuasan nasabah di industrinya maka industri perbankan perlu memperhatikan beragam faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah.

 

Kata Kunci : kualitas pelayanan, servicescape, kepuasan nasabah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.