FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN PAJAK REKLAME DI KOTA MANADO

Vera Fransisca Pesik

Abstract


Bagi pemerintah daerah, pembiayaan di daerahnya berasal dari sumber penetapan pendapatan daerah, baik yang berasal dari pendapatan asli daerah maupun pendapatan daerah pemerintah pusat yang berupa bagi hasil dan sumbangan. Konsekuensi dari penerapan otonomi daerah yaitu setiap daerah dituntut untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Salah satu komponen pajak daerah adalah pajak reklame. Pajak reklame merupakan sumber penerimaan pajak daerah yang penting bagi kota Manado. Hal ini terbukti selama tahun 2003-2012 pajak reklame mengalami peningkatan. Namun dalam perkembangannya selama tahun 2003-2012, persentase penerimaan pajak reklame berfluktuasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame di kota Manado. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara. Alat analisis yang digunakan adalah dekriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame di kota Manado adalah peraturan daerah, kebijakan pemerintah, reklame rokok dan minuman beralkohol, reklame videotron, reklameĀ  yang diadakan oleh pemerintah, event-event internasional dan nasional, serta kelas jalan. Jumlah penerimaan pajak reklame terbesar terjadi pada tahun 2006, namun pada tahun 2003 penerimaan pajak reklame sangat rendah jika dibandingkan dengan rata-rata penerimaan pajak reklame. Kiranya pemerintah Kota Manado dapat meningkatkan penerimaan pajak reklame.

Kata kunci: pajak daerah, penerimaan pajak reklame


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.