PENGARUH MEREK, MOTIF BELANJA HEDONIK, MOTIF BELANJA UTILITARIAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN GIORDANO MANTOS DI MANADO
Abstract
Abstrak: Bisnis fashion adalah salah satu segmen bisnis yang perkembangannya pesat sekali ditiap tahunnya. Kita bisa lihat banyak sekali brand lokal maupun internasional mengisi pasar bidang fashion ini, Bisa disebut merek- merek internasional seperti Giordano. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek, motif belanja hedonik, motif Belanja utilitarian terhadap loyalitas konsumen giordano mantos di Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh merek, motif belanja hedonik, dan motif belanja utilitarian terhadap loyalitas konsumen Giordano Mantos di Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi penelitian adalah 50 orang dan menggunakan teknik sampling aksidential dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel merek, motif belanja hedonik, motif belanja utilitarian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, secara parsial, merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, motif belanja hedonik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan motif belanja utilitarian berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sebaiknya memfokuskan pada variabel-variabel yang berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen di Giordano Mantos Manado, antara lain Merek, motif belanja hedonik dan motif belanja utilitarian. Hal ini agar pihak manajemen dapat memiliki informasi dan pengetahuan untuk meningkatkan loyalitas konsumennya.
Kata Kunci : merek, motif belanja hedonik, motif belanja utilitarian dan loyalitas konsumen.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22387
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.