STRATEGI PROMOSI, CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MOBIL TOYOTA (STUDI PADA KONSUMEN MOBIL TOYOTA DI MANADO)

Gloria J. Tamon, Silvya . Mandey, Rudy . Wenas

Abstract


 

Abstrak: Persaingan yang semakin ketat dalam dunia usaha mendorong para pelaku usaha, baik yang bersifat perseorangan maupun perusahaan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, untuk mencapai keunggulan bersaing terhadap produk-produk kompetitor melalui kebijakan harga, produk, distribusi dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan mobil Toyota. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan asosiatif. Sampel adalah pengguna mobil Toyota yang berjumlah 95 orang responden yang di ambil dari populasi yang berjumlah 1.618 orang dengan teknik accidental sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi dan citra merek secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan dan meningkatkan strategi promosinya agar para pelanggan dapat lebih aktif memberikan respon positif pada produk yang ditawarkan.

 

Kata Kunci : strategi promosi, citra merek, loyalitas pelanggan.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.