PERSEPSI PERMINTAAN KREDIT KONSUMSI DOSEN DAN PEGAWAI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO

Eva Olivia Rantung

Abstract


Perkreditan merupakan kegiatan yang penting bagi perbankan, karena kredit juga merupakan salah satu sumber dana yang penting untuk setiap jenis usaha. Keberadaan bank merupakan hal yang penting dalam dunia usaha keterkaitan antara dunia usaha dengan lembaga keuangan bank memang tidak bisa dilepaskan apalagi dalam pengertian investasi dan kredit. Dalam hal ini pihak bank terus mengembangkan kompetensi yang lain dibidang kredit untuk menggalang pertumbuhan kredit yang berkesinambungan sekaligus menjalankan fungsinya sebagai jasa intermedasi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi pendapatan, ketenaga kerjaan, dan gaya hidup terhadap persepsi permintaan kredit konsumsi dosen dan pegawai Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado pada Bank Umum di Sulawesi Utara. Data yang digunakan berupa data primer. Metode yang digunakan adalah metode analisis korelasi dan diolah menggunakan SPSS.17.0.  Hasil penelitian menunjukan bahwa permintaan kredit konsumsi dari tahun ke tahun meningkat, dimana pendapatan, ketenaga kerjaan dan gaya hidup berpengaruh positif. Dilihat dari sisi permintaan, maka rekomendasi yang diberikan adalah dengan meningkatkan permintaan masyarakat khususnya PNS terhadap kredit konsumsi dengan peran serta masyarakat yang kooperatif terhadap kebijakan bank yang dilakukan, sehingga kedepannya dapat tercipta penawaran dan permintaan yang seimbang dan tidak terjadi kredit macet.

Kata kunci: permintaan kredit konsumsi, pendapatan, ketenaga kerjaan, dan gaya hidup


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.