PENERAPAN METODE DIRECT COSTING DALAM PERENCANAAN LABA PADA UD. ROMA DI BITUNG

Olivia Hellen Reppie

Abstract


Perusahaan dalam merencanakan kegiatannya di masa yang akan datang dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba. Manajemen memerlukan informasi biaya yang dapat dipakai sebagai pedoman. Untuk dapat memaksimalisasi informasi biaya tersebut, diperlukan suatu metode akuntansi biaya yang tepat dalam perencanaan laba yaitu metode direct costing yang memisahkan biaya-biaya secara cermat ke dalam biaya tetap dan biaya variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah biaya yang terjadi di perusahaan sudah dikelompokkan sebagai mana seharusnya dan bagaimana peranan direct costing dalam memaksimalisasi penggunaan informasi biaya dalam perencanaan laba. Hasil analisis menunjukkan bahwa perusahaan masih menerapkan full costing dalam perencanaan labanya yang mana konsep tersebut tidak selalu relevan dengan kebutuhan manajemen. Perusahaan belum melakukan pengelompokkan biaya atas dasar karakteristiknya dalam hubungan volume produksi, yaitu memisahkan biaya menjadi biaya tetap, biaya variabel, dan biaya semi-variabel, melalui penerapan direct costing. Perusahaan hanya menggolongkan biaya berdasarkan fungsi pokok kegiatan perusahaan yang pada kenyataanya belum tepat untuk perencanaan laba.

Kata kunci: direct costing, perencanaan laba.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.