ANALISIS PENGARUH WORD OF MOUTH, IKLAN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC YAMAHA MIO PADA KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI

Prillyana Esther Rumondor, Altje . Tumbel, Ferdy . Roring

Abstract


Abstrak: Saat ini persaingan di dunia otomotif semakin ketat, khususnya persaingan sepeda motor. Fakta memperlihatkan penjualan sepeda motor terus meningkat. Pada saat ini kebutuhan sepeda motor bagi masyarakat sangat penting mengingat tingginya kemacetan yang ada di jalan raya, sehingga sepeda motor dipilih sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut. Word of mouth, iklan dan sikap konsumen bisa menjadi strategi perusahaan untuk mencapai suatu kesuksesan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word of mouth, iklan dan sikap konsumen terhadap keputusan motor matic Yamaha Mio pada kalangan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan konsumen motor matic Yamaha Mio di Universitas Sam Ratulangi. Teknik sampling menggunakan accidental sampling dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth, iklan, dan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian motor matic Yamaha Mio. Perusahaan hendaknya menpertahankan dan terus mengembangkan strategi word of mouth yang dibangun oleh Yamaha serta iklan yang muncul lebih menarik lagi untuk menarik perhatian konsumen agar respon konsumen terhadap produk bisa menghasilkan suatu keputusan pembelian yang baik. Penyampaian tentang informasi yang diberikan kepada konsumen dipertahankan dan ditingkankan lagi dalam penyampaian keunggulan terhadap produk-produk dari Yamaha.

 

Kata Kunci : word of mouth, iklan, sikap konsumen, keputusan pembelian.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i2.23604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.