PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Preisia . Sigar, Lintje . Kalangi

Abstract


Abstrak: Perusahaan ketika memaksimumkan nilai perusahaan dan kinerja perusahaan yaitu perusahaan akan berusaha memaksimumkan kekayaan pemegang saham dengan melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan harga saham dengan menjalankan aktivitas kinerja perusahaan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham pada perusahaan  manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Metode penelitian  yaitu pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 32 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap harga saham, yang artinya secara parsial tidak terdapat pengaruh antara variabel ukuran perusahaan terhadap harga saham. Pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham pada perusahaan  manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Perusahaan kedepannya lebih memperhatikan kondisi keuangannya agar bisa menjadi pertimbangan kepada investor untuk berinvestasi.

 

Kata Kunci: ukuran perusahaan,  pertumbuhan penjualan,  harga saham

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.