PENGARUH SALES GROWTH DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Abstrak: Perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia memiliki basis pendapatan besar baik dari hasil penjualan produk maupun investasi perusahaan dan ukuran perusahaan pada sub sektor ini juga bervariasi. Tujuan utama dan tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan yaitu untuk memaksimalkan nilai perusahaan agar perusahaan dapat bertahan hidup dalam dunia bisnis global. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sales growth dan firm size terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2018. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 13 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial sales growth dan firm size berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2015-2018. Perusahaan diharapkan dapat memberi perhatian pada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan guna meningkatkan nilai perusahaan.
Kata Kunci: sales growth, firm size, nilai perusahaan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.