PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN STRATEGI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG DI KOTA TOMOHON

Indah Sulyana, Silcyljeova Moniharapon, Agus Supandi Soegoto

Abstract


Abstrak: Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, kekayaan alam dan etnik budaya tersebar di setiap daerah. Kekayaan alam menjadi aset yang berharga untuk memajukan Pariwisata serta mampu meningkatkan pendapatan suatu negara lebih khusus daerah yang menjadi tempat wisata dan tentunya disetiap pariwisata memiliki strategi tersendiri untuk mingkatkan jumlah pengunjung yang ada. Maka dari itu penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan strategi pasar terhadap Keputusan Wisatawan untuk berkunjung di Kota Tomohon. Metode penelitian yang digunakan berupa Kuantitatif. Populasi adalah seluruh wisatawan yang berkunjung di kota Tomohon. Pengumpulan data melalui survey dari rata-rata pengunjung perbulan pada tahun 2017 sebesar 45.451 diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Strategi Promosi dan Strategi Pasar berpengaruh signfikan terhadap Keputusan Wisatawan untuk Berkunjung di Kota Tomohon, namun secara parsial Strategi Promosi tidak berpengaruh terhadap Keputusan Wisatawan untuk Berkunjung. Untuk meningkatkan minat berkunjung wisatawan di kota Tomohon perlu diperhatikan strategi promosinya, karena strategi promosi sangat berperan penting untuk meningkatkan minat wisatawan.

 

Kata Kunci: strategi pasar, strategi promosi, keputusan berkunjung


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.