PENGARUH DIVERSIFIKASI USAHA TERHADAP FIRM VALUE PADA SUB SEKTOR PERUSAHAAN KOSMETIK DAN BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2017

Piranty P. Pijoh, Ivonne S. Saerang, Joubert B. Maramis

Abstract


Abstrak: Salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah strategi diversifikasi usaha untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh diversifikasi usaha terhadapfirm value pada sub sektor perusahaan kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria-kriteria yang ditentukan, sampel yang digunakan 5 perusahaan kosmetik dan barang keperluan rumah tangga.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diversifikasi usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap firm value (PBV), hasil penelitian ini menjelaskan bahwa setelahdikontrol denganfirm size  tidak mempengaruhi hubungan diversifikasi usaha terhadap firm value, setelah dikontrol dengan return on asset dapat dilihat bahwa Profitabilitas tidak mempengaruhi hubungan  diversifikasi usaha terhadap firm value, setelah dikontrol dengan variabel  debt to equity ratio (hutang) dapat dilihat bahwa terdapat hubungan yang signifikan dimana debt to equity ratio mempengaruhi hubungan diversifikasi usaha terhadap firm value. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk perusahaan sebagai bahan pertimbangan untuk melihat apakah melakukan diversifikasi usaha dapat meningkatkan nilai perusahaan atau hanya menurunkan nilai perusahaan dan dapat menjaga kestabilan hutang yang dimiliki setiap perusahaan agar supaya dapat diterima oleh para investor.

 

Kata Kunci: diversifikasi usaha, firm size, roa, der, pbv.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.