ANALISIS BIAYA KUALITAS DAN BIAYA PEMASARAN DALAM KAITANNYA DENGAN TINGKAT EARNING BEFORE INTEREST AND TAX (EBIT) (STUDI KASUS PADA PT. HASJRAT ABADI TOYOTA MANADO CABANG TENDEAN)
Abstract
Abstrak : PT. Hasjrat Abadi Toyota Manado Cabang Tendean yang bergerak dibidang perdagangan dan penjualan kendaraan Mobil merek Toyota dengan dasar kualitas yang bernilai tinggi terhadap konsumennya. Peningkatan kualitas merupakan salah satu aspek penting bagi perusahaan, karena meningkatkan kualitas yang baik maka kepuasan akan terasa oleh pelanggan. Perusahaan perlu memperhatikan aktivitas pemasaran guna untuk keperluan penjualan produk dan jasa yang telah dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan biaya kualitas dan biaya pemasaran dalam kaitannya dengan Earning Before Interest and Tax (EBIT) perusahaan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil analisis penelitian biaya kualitas dan biaya pemasaran dalam kaitannya dengan tingkat EBIT yang diperoleh pada PT. Hasjrat Abadi Toyota Manado Cabang Tendean, 3 tahun terakhir 2016-2018 sudah sangat baik. Namun yang memiliki nilai EBIT yang sangat memuaskan terdapat pada tahun 2017 berjumlah Rp. 189.776.812.920. Saran dari penelitian ini perusahaan diharapkan terus mengontrol biaya kualitas yang dikeluarkan dalam satu tahun berjalan, agar tetap berada dibawah persentase 2.5% sesuai teori Hansen dan Mowen (2009). Begitu dengan biaya pemasaran perusahaan harus melakukan peningkatan kinerja wiraniaga dalam setiap tahunnya agar perusahaan dapat memperoleh profit (EBIT).
Kata Kunci : biaya kualitas, biaya pemasaran, penjualan, earning before interest and tax (ebit).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24750
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.